ePalembang Travel & Turisme Tengara Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang

Mesjid Agung Palembang adalah pusat peribadatan masyarakat Palembang yang mayoritas menganut agama Islam. Selain itu mesjid ini merupakan wisata sejarah yang merupakan peninggalan kesultanan Palembang. Di bangun pada tahun 1.748 oleh Sultan Susuhunan Abdurahman.

Bangunan Masjid Agung Palembang pertama kali berukuran 30 x 36 m dengan bentuk empat Persegi. Keempat sisi bangunan ini terdapat empat penampilan yang berfungsi sebagai pintu masuk, kecuali dibagian barat yang merupakan mihrab. Atapnya tiga tingkat dengan ujungnya berbentuk kelopak bunga.

Arsitektur Mesjid ini merupakan perpaduan barat dan timur. Setiap bagian ujung bawah atap tengah mencuat keluar menengadah ke atas, mirip dengan arsitektur pagoda bangunan China. Mesjid ini memiliki serambi ( teras depan) dengan arsitektur klasik Yunani-Dorik seperti yang terdapat di depan kuil Yunani, tetapi dengan hiasan kaligrafi arab tentunya.

Setelah mengalami beberapa kali renovasi, mesjid ini mampu menampung 9.000 jemaah dengan ukuran mesjid 42 x 54 meter. Bila ditambah dengan kapasitas halaman mesjid, maka secara keseluruhan Mesjid Agung Palembang bisa menampung 15.000 jemaah.

Masjid Agung
Masjid Agung
Masjid Agung
Masjid Agung